Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Perang" Dawet Warnai Peringatan Bulan Suro

Kompas.com - 15/11/2012, 09:33 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Warga Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memperingati datangnya bulan Suro, dalam penanggalan Jawa, dengan cara yang unik, yaitu dengan melakukan "perang" dawet.

Dawet atau minuman sejenis camcau yang terbungkus dalam kantong plastik itu dihamburkan ke udara sehingga kadang juga menyasar warga. Saling lempar dawet antarpeserta ritual juga kerap terjadi, namun jauh dari rasa amarah. Ritual tersebut dilakukan setelah warga melakukan doa bersama di makam leluhur desa setempat. Tak ketinggalan juga nasi kenduri sekaligus ayam panggang yang dipersembahkan oleh warga, tersaji dalam gelaran doa itu.

Camat Grogol, Ngaseri menyatakan, ritual tersebut merupakan tradisi peninggalan leluhur dengan harapan masyarakat desa senantiasa mendapat limpahan kemakmuran dan ketentraman. Ragam ritual bersih desa tersebut juga ditujukan agar hujan segera turun agar ketersedian air tercukupi. Sebab, minimnya hujan saat ini cukup mempengaruhi hasil pertanian masyarakat.

"Kami berdoa kepada Tuhan agar secepatnya diberi hujan, sehingga para petani cukup terbantu," kata Ngaseri di sela ritual berlangsung, Rabu (14/11/2012). Selain menghormati leluhur, Ngaseri menambahkan, kegiatan tersebut sekaligus menyambut datangnya tahun baru Hijriyah dalam penanggalan islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com