Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan, Tiga Haji Asal Demak Patah Tulang

Kompas.com - 14/11/2012, 16:28 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.com - Tiga dari 16 haji asal Kabupaten Demak yang tergabung pada Kloter 44 Debarkasi Surakarta mengalami patah tulang akibat bus yang ditumpangi kecelakaan saat perjalanan dari Mekkah ke Jeddah, Arab Saudi.

Berdasarkan pantauan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rabu, tiga orang yang mengalami patah tulang adalah, H Subardi (80), Hj Fatimah (65), dan Hj Munjaroah (51), ketiganya asal Demak.

Subardi mengalami patah tulang pada tangan kanannya, Fatimah patah tulang hidung dan mukanya bengkak membiru serta Munjaroah giginya dan tangan kirinya patah.

Ketiga korban bersama rombongan haji Kloter 44 tersebut tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pukul 11.55 WIB. Ketiganya harus dibawa mobil ambulans menuju ke poliklinik di Asrama haji Donohudan.

Menurut Fatimah salah satu korban kecelakaan bus, dirinya tidak tahu saat kejadian kecelakaan tersebut, karena setelah bus bertabrakan ia tak sadarkan diri dan hidungnya terluka mengeluarkan banyak darah.

"Saya tidak tahu setelah kejadian itu, hidung saya luka dan berdarah. Tahu-tahu saya di rumah sakit di Jeddah," kata Fatimah saat berbaring di Poliklinik Asrama Haji Donohudan, Rabu (14/11/2012).

Menurut dia, lukanya sudah membaik, meski hidungnya masih dibalut dengan kain kasa dan bengkak di wajahnya juga sudah berkurang.

Jemaah lain yang juga menjadi korban yakni Subardi mengatakan, dirinya saat kejadian tahu-tahu tangan kanannya terasa nyeri. "Ternyata, tangan kanan saya patah sehingga harus dibalut gips," katanya.

Sementara menurut Hj. Munjaroah, akibat kecelakaan tersebut tangan kirinya patah dan giginya juga patah satu.
Menurut dia, saat kejadian bus yang membawa jamaah haji Kloter 44 beriringan dari Mekkah menuju Jeddah.

Korban yang banyak dari jamaah yang berada di bus nomor tiga, mereka semua dibawa ke rumah sakit di Jeddah. Namun, para korban tersebut berangsur-angsur membaik dan dapat dipulangkan semua ke Indonesia.

Menurut dokter Kloter 44 asal Demak Suparmi Anik Indrayati, kejadian kecelakaan lalu lintas yang menimpa Kloter 44 Demak tersebut berawal dari rombongan yang menumpang empat bus yang beriring-iringan dari Mekkah menuju Jeddah, pada Senin (12/11/2012).

Bus yang beriringan tersebut kemudian tiba-tiba saling menabrak yang ada di depannya, dan ada 17 orang yang mengalami luka-luka dan mereka langsung dibawa ke RS di Jeddah.

Namun, anggota jamaah haji Kloter 44 asal Demak akhir dapat dipulangkan semuanya ke Tanah Air.

"Mereka yang terluka akibat kecelakaan sudah berangsur membaik dan totalnya kloter 44 sebanyak 374 orang sudah tiba di Asrama Haji Donohudan. Mereka segera dipulangkan ke daerah," kata dokter Suparmi setibanya di Donohudan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com