Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tanam Ratusan Ribu Pohon Laut

Kompas.com - 13/11/2012, 02:56 WIB

Tasikmalaya, Kompas - Gempa bumi disusul tsunami yang menerjang Pantai Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, enam tahun lalu memberikan pelajaran berharga bagi warga di kawasan tersebut.

Untuk mencegah bencana tsunami di masa datang, warga Cipatujah melakukan penghijauan dengan menanam pohon laut di pesisir Pantai Cipatujah-Pantai Cikadang sepanjang 3 kilometer. Saat ini ketinggian pohon mencapai 1-3 meter.

Ketua Kelompok Penyemaian Hutan Rakyat dan Hutan Laut Wahana Lestari Endang Kuspendi, di Tasikmalaya, Senin (12/11), mengatakan bahwa penanaman ratusan ribu pohon laut ini diharapkan menjadi benteng alami penahan tsunami dan abrasi pantai.

Menurut Endang, yang memimpin 23 warga Cipatujah melakukan penghijauan, pohon laut yang ditanam antara lain ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Thespesia populnea), pandan laut (Pandanus tectorius), dan butun laut (Barringtonia asiatica).

Selain memberikan udara lebih sejuk, penanaman pohon laut diharapkan juga dapat menahan abrasi pesisir pantai.

Pemerintah setempat juga mendukung dengan melarang berdirinya bangunan dalam radius 200-300 meter dari pantai.

Yeye Yusmana (42), anggota kelompok Wahana Lestari, berharap penanaman pohon laut bisa meminimalkan dampak tsunami. ”Dulu tanpa pohon besar di pesisir pantai, tsunami leluasa menghancurkan apa saja. Kami tak ingin itu terulang lagi,” katanya.

Saat gempa bumi dan bencana tsunami terjadi pada 17 Juli 2006, lahan di sekitar Pantai Cipatujah gersang dan tandus akibat dibabat habis oleh para penebang liar. (che)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com