Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berubah Pikiran, Untung S Rajab Maju di Pilgub Jatim

Kompas.com - 12/11/2012, 14:02 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Peta politik di Jawa Timur bergerak dinamis menjelang pemilihan gubernur pada tahun 2013 mendatang. Nama-nama baru terus bermunculan sebagai figur cagub dan cawagub Jatim. Salah satunya, mantan Kapolda Metro Jaya Untung Suharsono Rajab yang sebelumnya menyatakan tidak akan maju sebagai calon gubernur Jatim kini mulai berubah pikiran.

Dia menyatakan siap bertarung dalam Pilgub Jatim Agustus 2013 nanti. ''Berdasarkan pengalaman memimpin institusi Polri, saya siap memimpin Jatim,'' katanya, Senin (12/11/2013) di Surabaya.

Namun, dia mengaku belum memiliki nama wakil atau kendaraan partai yang akan mengusungnya. Dia bersama tim tengah membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai politik.

Pria kelahiran Medan, 8 Oktober 1954, itu tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Polda Jatim pada 2011 lalu. Sejak kecil dia menempuh pendidikan di Jatim karena kedua orangtuanya asli Jatim. Dia pensiun dari Polri sejak 1 November lalu. Jabatannya kini diisi oleh Irjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Sebelumnya, sejumlah nama sudah disebut-sebut untuk merebut kursi gubernur dan wakil gubernur yang saat ini diduduki Soekarwo-Saifullah Yusuf, di antaranya Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono.

Untuk pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf, belum ada kepastian apakah keduanya masih akan bersama atau tidak. Yang jelas kemarin, Partai Demokrat merestui pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Di samping serasi, kinerja keduanya dinilai cukup baik dan diyakini mampu membawa Jatim lebih maju. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com