Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya Jamban, Warga BAB di Hutan

Kompas.com - 10/11/2012, 12:09 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Tak tersedianya air bersih dan jamban sehat membuat ratusan warga di Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, memilih membuang hajat atau Buang Air Besar (BAB) di hutan dan semak-semak tak jauh dari rumah mereka.

"Dari seluruh warga, hanya 22 persen atau 256 rumah tangga dari total 1.163 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Naibenu yang memiliki jamban. Sisanya 907 rumah tangga terpaksa BAB di semak-semak atau hutan sekitar tempat tinggalnya," ungkap Camat Naibenu, Gaspar Nono, Jumat (9/11/2012).

Terkait dengan data berapa jumlah jamban darurat yang tersedia dan berapa jamban yang memenuhi syarat-syarat higienis, yakni memiliki septic tank atau lubang penampung tinja, Nono pun belum memiliki data yang lengkap.

Kondisi yang kurang sehat ini, kata Nono diperparah oleh ketiadaan sumber air bersih. Warga cuma mengandalkan air dari sumber mata air di lembah dan sungai kecil yang jaraknya tiga sampai lima kilometer. Itu pun hanya untuk kebutuhan masak dan minum.

Karena kebersihan dan sanitasi yang terabaikan, lanjut Nono, sampai akhir Oktober 2012 terdapat 60 kasus diare, 56 kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), 20 kasus penyakit kulit, dan lima kasus bronchitis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com