Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelajahi Pasar Ubud ala Julia Roberts

Kompas.com - 10/11/2012, 09:01 WIB

KOMPAS.com – Saat memasuki Pasar Ubud, sebuah adegan dari film Hollywood berjudul “Eat, Pray, Love” terlintas. Sebuah adegan etika Elizabeth Gilbert yang diperankan Julia Roberts diajak berkeliling ke Pasar Ubud.

Ia melintasi pedagang buah. Lalu mencicipi buah rambutan yang begitu asing bagi orang-orang asing terutama dari luar Asia. Kemudian ia pun mampir ke Pura Melanting yang berada di dalam area Pasar Ubud.

Sajen warna-warni diletakan dan asap dupa yang wangi melayang. Elizabeth pun tampak terpesona dengan ritual doa di dalam pura yang ia tengah lihat. Sebuah ritual sederhana dan telah menjadi dan menjadi kebiasaan orang Bali dalam memulai hari.

Pagi itu, saya menjumpai hal yang sama di Pura Melanting. Tentu tanpa kehadiran Julia Roberts. Namun, para turis tampak menghentikan langkah sesaat untuk melihat aktivitas di dalam Pura Melanting. Hanya sebuah tembok pendek yang menjadi pembatas.

Pengunjung memang biasanya melewati Pura Melanting saat berjalan dari area parkir menuju para pedagang di Pasar Ubud. Pasar Ubud yang terletak di jantung kota Ubud, benar-benar ibarat pusat kehidupan masyarakat Ubud di pagi hari.

Sebagai pasar seni, turis biasa memburu aneka suvenir yang cocok sebagai cenderamata khas Bali. Ada apa saja? Anda bisa membeli tas anyaman, tas kain, aneka perhiasan seperti gelang dan cincin, kaus-kaus bertuliskan Bali, topi anyaman, sampai celana-celana pantai.

Jangan lewatkan membeli aneka lukisan Bali. Lalu set perlengkapan makan maupun perlengkapan untuk dapur yang terbuat dari kayu. Jika berbicara soal harga, maka di sinilah keahlian Anda menawar diuji.

Selain itu, nikmati pula aneka jajanan pasar yang dijual di pasar. Cocok sebagai sarapan di pagi hari. Memang, sebaiknya datang di pagi hari, saat pasar belum terlalu ramai pengunjung. Selain itu, pedagang juga lebih bermurah hati memberikan harga saat pagi.

Kiat lainnya adalah agar Anda tak kalap berbelanja adalah pastikan Anda menentukan jumlah uang yang akan Anda habiskan. Bawalah uang tunai sejumlah bujet yang Anda tentukan itu.

Pasar Seni Ubud berada di pusat kota Ubud, tepat di persimpangan antara Jalan Monkey Forest dan Jalan Raya Ubud. Sangat dekat dengan pusat informasi wisata Ubud dan berada di seberang Puri Agung Saren.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com