Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Nikah Palsu Titipan Tokoh Masyarakat

Kompas.com - 09/11/2012, 16:08 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Agama Jawa Timur terus bekerja sama dengan Polda Jatim untuk mengungkap mata rantai pengiriman buku nikah palsu lewat calon jemaah haji (CJH).

Kemenag Jatim menyatakan bahwa ribuan buku nikah palsu yang dibawa tiga CJH, Buchori, Abdul Halik, dan Rizak adalah titipan tokoh masyarakat di Pamekasan.

Humas PPIH Debarkasi Surabaya Fatchul Arief menuturkan, buku-buku nikah palsu itu adalah barang titipan milik H Kh. Sebagaimana yang disampaikan Arief, buku-buku dengan tanda tangan palsu menteri negara itu dikirim dari Pamekasan untuk tujuan Makkah.

"Buku nikah itu titipannya H Kh dan akan dibawa ke Mekkah untuk H Jatim B Zaini. Nanti biar Polda yang menindaklanjutinya. Kita sepakat akan menelusuri hingga mata rantai terakhir," kata Arief.

Kapan H Kh diperiksa, semua menunggu Polda Jatim. Namun tidak dalam waktu lama, tokoh masyarakat itu juga akan diperiksa Polda Jatim.

Sementara itu, diketahui bahwa Abdul Halik dan Rizak masih harus terus berurusan dengan Polda Jatim. Halik dikenal baik karena wiraswasta yang tergolong sukses. Begitu juga Rizak yang tidak lain adalah guru SD.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com