Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Mobil Esemka Bukan Urusan Saya Lagi

Kompas.com - 09/11/2012, 15:55 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan tidak akan hadir dalam acara peluncuran mobil Esemka di Solo Techno Park, Sabtu (10/11/2012). Menurut dia, karena dia sudah menjadi bagian dari Pemerintah Provinsi DKI, mobil Esemka bukan menjadi tanggung jawabnya.

"Ya, saya kan sekarang sudah di DKI, ya berarti sekarang urusan mobil Esemka itu sama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK)," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Jokowi mengaku sudah mendapat undangan dari pihak PT SMK untuk menghadiri acara peluncuran itu. Namun, pada tanggal yang sama, ia juga harus menjalankan tanggung jawabnya untuk membagikan Kartu Jakarta Sehat di enam kelurahan, seperti Marunda, Tanah Tinggi, Pademangan, Manggarai, Bukit Duri, dan Tambora.

"Kan, saya sudah di DKI, ya tanya PT SMK. Dulu gini lho, dulu itu jadi tanggung jawabnya Pemkot Solo, tetapi karena sudah masuk dunia bisnis, sudah jadi tanggung jawabnya PT SMK. Kok saya disuruh ngomentari Esemka," kata Jokowi.

Sementara itu Penanggung Jawab Produksi PT SMK Joko Sutrisno mengatakan, dia sangat berharap kehadiran Jokowi sebagai brand ambassador mobil Esemka di acara peluncuran mobil buatan para siswa SMK di Solo tersebut.

"PT SMK juga telah mengirimkan undangan kepada Pak Jokowi melalui SMS, surat elektronik, dan juga faksimile," kata Joko.

Namun, ia dapat memaklumi apabila nantinya Jokowi tidak dapat hadir di acara peluncuran mobil Esemka tersebut. "Kami paham juga beliau, kan, sekarang sangat sibuk di Jakarta," kata Joko.

Jokowi dan sejarah mobil Esemka memang tidak bisa dipisahkan. Jokowi yang saat itu menjabat  Wali Kota Solo menjadikan mobil itu sebagai kendaraan dinasnya. Nama Jokowi pun mulai terdengar ke publik atas jasanya yang menghargai karya siswa SMK tersebut.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com