Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Praktik Operasi Kanker Payudara

Kompas.com - 08/11/2012, 22:36 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com Polisi Inggris kini melakukan penyidikan atas tuduhan operasi dan perawatan terhadap lebih dari 1.000 pasien kanker payudara yang diduga terjadi malapraktik. Penyelidikan ini juga diperkuat tim penyeidik dari Dewan Kesehatan Umum Inggris.

Kantor berita AP mengutip polisi Inggris di London, Kamis (8/11/2012), mengemukakan, pelaku operasi kanker payudara ini, Ian Paterson, diduga melakukan malapraktik atas sekitar 1.150 pasien kanker payudara yang pernah di tanganinya.

Dari semua operasi atas lebih dari 1.000 pasien, diduga ada operasi atau pembedahan kanker payudara yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, atau dilakukan dengan tidak semestinya dan tak sejalan dengan ketentuan yang ada.

Gugatan atas Paterson dilakukan oleh mantan pasiennya yang merasa pembedahan kanker payudara yang dilakukan Paterson sebagai tidak sesuai ketentuan dan kepantasan.

Dewan Kesehatan Umum yang mengeluarkan izin praktik kepada para dokter sudah membekukan pendaftaran dan izin Paterson sejak Oktober lalu menyusul dilakukan penyidikan atas praktik pembedahan kanker payudara yang dilakukannya.

Polisi di kawesan West Midlands, Inggris tengah, menegaskan, penyelidikan berkaitan dengan kemungkinan adanya aksi kriminalitas sudah dilakukan.

Pengacara dari sejumlah pasien menegaskan, ada 700 kasus dituduhkan kepada Paterson berkenaan dengan prosedur pembedahan di mana pembedahan tidak rapi. Selain itu, sejumlah pasien juga menerima perlakuan yang berlebihan untuk sebuah pembedahan kanker payudara, padahal sebenarnya langkah itu dinilai tidak perlu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com