Kompas.com - 07/11/2012, 23:03 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MEDAN, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bersama Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan Konsulat Jenderal China di Medan Yang Lingzhu, Rabu (7/11/2012), akhirnya meresmikan dimulainya pembangunan tol Medan-Kualanamu (groundbreaking).

Jalan bebas hambatan itu dibangun dengan biaya Rp 1.507 miliar, dengan panjang  18 kilometer. Sembilan puluh persen dana berasal dari Bank Export Import China, dan 10 persen dana Pemerintah Indonesia.

Jalan itu akan  menghubungkan Kota Medan dengan Bandara Internasional Kualanamu, dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2013. Pembangunan jalan seharusnya sudah dimulai pada 2011, namun terkendala beberapa hal.

"Mari kita mulai saja pekerjaan ini, karena ini sudah lama kita rencanakan. Kenyataannya baru bisa kita lakukan hari ini. Karena kita terlambat,  saya tidak mau buang-buang waktu lagi. Harus segera selesai," kata  Djoko.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I, Wijaya Seta, mengatakan, jalan tol itu terdiri atas  empat lajur dengan dua arah. Masing-masing lajur selebar 3,6 meter.

Jalan tol bakal memiliki empat interchage, empat underpass, tujuh topperpass dan tiga pintu tol. Pengerjaan proyek ini ditargetkan selesai selama 900 hari kalender.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.