Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Kereta Diubah Menjadi Lebih Malam

Kompas.com - 03/11/2012, 03:16 WIB

Jakarta, Kompas - PT Kereta Api Indonesia mengubah sebagian jadwal perjalanan kereta rel listrik lintas Serpong mulai 5 November 2012. Perubahan dilakukan untuk perjalanan malam hari.

Ada tiga perjalanan baru yang akan dilakukan mulai hari Senin (5/11). Pertama, kereta rel listrik (KRL) dengan nomor perjalanan 764 yang berangkat dari Stasiun Serpong pukul 21.40 dengan tujuan Stasiun Parung Panjang.

Kedua, KRL 769 dari Stasiun Parung Panjang tujuan akhir Stasiun Tanah Abang akan diberangkatkan pukul 22.15.

Terakhir, KRL 770 dari Stasiun Tanah Abang tujuan Serpong akan diberangkatkan pukul 23.30. Ketiga jadwal perjalanan baru ini akan dilayani oleh KRL Commuter Line.

Ada dua perjalanan KRL yang dihapus. Pertama, KRL Commuter Line yang berangkat dari Stasiun Serpong pukul 22.00. Kedua, KRL yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang ke Serpong pukul 23.00.

Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono, Jumat (2/11), mengatakan, perubahan ini dilakukan atas permintaan pelanggan. ”Sebagian pekerja yang mengakses KRL lintas Serpong ini pulang hingga malam hari. Mereka membutuhkan angkutan umum yang beroperasi hingga malam hari. Karena itu, kami operasikan KRL dengan jam keberangkatan yang lebih malam lagi,” kata Sugeng.

Tidak hanya itu. Perjalanan KRL yang baru ini juga akan diberlakukan pada hari Sabtu dan Minggu. ”Jadi, jadwal ini tidak hanya berlaku pada hari kerja Senin hingga Jumat saja, tetapi juga di akhir pekan serta hari libur,” ujarnya.

Dari data Kompas, KRL lintas Serpong merupakan kereta terpadat ketiga di Jabodetabek. Tahun 2010 jumlah penumpang rata-rata harian di lintas ini 22.141 orang. Tahun 2011 sebanyak 26.700 orang, dan diperkirakan 37.400 orang per hari pada tahun ini. Pada hari kerja jumlah penumpang di lintas ini bisa mencapai lebih dari 62.000 orang.

Penumpang KRL di lintas Serpong terus berkembang seiring dengan perkembangan kota Jakarta serta perumahan di kawasan Tangerang Selatan dan Parung Panjang.

Selain KRL, lintas ini juga dilewati kereta lokal dari Jakarta ke Stasiun Rangkasbitung atau Stasiun Merak. Pada jam sibuk masih ada saja penumpang yang duduk di atap kereta lokal ini.(ART)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com