Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Mempercepat Produksi di South Mahakam

Kompas.com - 02/11/2012, 18:41 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Total E&P Indonesie, operator Blok Mahakam, bermitra dengan INPEX Corporation, berproduksi di Lapangan South Mahakam, yang berada di PSC Mahakam, dua bulan lebih awal dari rencana.

Produksi awal itu berasal dari dua sumur gas yang dibor di platform Main Stupa dengan tingkat produksi mencapai 100 juta kaki kubik (MMSCFD).  

Menurut Kepala Departemen Relasi Media Total E&P Indonesie Kristanto Hartadi, Jumat (2/11/2012), di Jakarta, berbagai fasilitas yang baru dibangun di proyek pengembangan lapangan South Mahakam fase 1 and 2 telah mulai mengalirkan produksi pada 25 Oktober 2012 and dialirkan ke terminal Senipah pada 26 Oktober 2012.  

South Mahakam Project merupakan tahap pengembangan dari tiga (3) lapangan gas kondensat (Stupa, East Mandu dan Jumelai) dan dua (2) lapangan gas (Jempang dan Metulang), terletak sekitar 35 km tenggara kota Balikpapan dan 58 km selatan lapangan Peciko, di perairan dengan kedalaman 45-60 meter. Lapangan Stupa dan East Mandu ditemukan pada 1996 dan 2007.

Rencana pengembangan (POD) untuk pengembangan tahap 1 dan 2 didapat pada Desember 2007 dan 2008, menandai diluncurkannya proyek South Mahakam fase 1 and 2. Nilai investasi fase 1 dan 2 mencapai 832 juta dollar AS.

Pada fase 1 dan 2 itu, terdiri dari sejumlah fasilitas produksi di lapangan-lapangan Stupa dan East Mandu dengan pembangunan 3 platform baru (Main Stupa, West Stupa dan East Mandu) dan pengeboran terhadap 19 sumur. Gas dan kondensat yang dihasilkan disalurkan melalui pipa ukuran 24" sepanjang 67  kilometer dari platform Stupa menuju terminal Senipah.

Sementara dari lapangan East Mandu akan dihubungkan dengan saluran pipa ekspor utama melalui pipa ukuran 24" sepanjang 10 km. Produksi dari lapangan-lapangan ini diharapkan rata-rata 69.000 setara barrel minyak per hari termasuk kondensat 18.000 barrel per hari pada akhir 2013.

Kontrak EPSCI dimulai pada Agustus 2010 untuk Pembangunan dan pemasangan 3 wellhead platform dan pekerjaan pemasangan saluran pipa. Pembuatan seluruh platform dikerjakan di Batam mulai Januari 2011 sampai Maret 2012.

Selama proses pembuatan di fasilitas tersebut, lebih dari dua juta jam kerja dicurahkan tanpa terjadi satu insiden pun yang tercatat, dimana hal ini memperlihatkan kinerja Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) tim konstruksi yang sangat  baik.  

Kegiatan lepas pantai yang termasuk instalasi, hook-up dan pemasangan platform maupun jaringan pipa selesai pada akhir Juni 2012. Aktifitas tersebut dapat terlaksana berkat penggunaan armada Derrick Laying Barge (DLB), Hook-up Barges, Diving Support Vessel (DSV) dan berbagai kapal pendukung lainnya.

Secara keseluruhan, dikerahkan 37 kapal ke lokasi selama kegiatan pemasangan di lepas pantai itu. Commissioningdan produksi awal (start-up) berbagai fasilitas baru itu secara langsung dikelola oleh tim proyek dan operasi lapangan Total E&P Indonesie.

Hakuryu 10 jack-up drilling rig tiba di lokasi untuk memulai kegiatan pengeboran pada platform Main Stupa pada awal Juli 2012. Sejumlah sumur lain akan dibor pada bulan-bulan mendatang sehingga produksi gas dari South Mahakam secara bertahap naik untuk mencapai tingkat maksimum. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com