Rektor UB: Pendakian ke Semeru Bukan Kegiatan Kampus

Kompas.com - 31/10/2012, 18:21 WIB
|
EditorKistyarini

MALANG, KOMPAS.com - Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Yogi Sugito, mengatakan, kegiatan pendakian yang dilakukan mahasiswanya ke Gunung Semeru, bukan kegiatan kampus.

Sebelumnya diberitakan, Muhammad Firas Awaludin Iqbal (19), mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian UB, hilang sejak Senin (29/10/2012), dalam pendakian di gunung tertinggi di Jawa Timur itu.

 Kepada wartawan, Rabu (31/10/2012), Rekotr Universitas Brawijaya, Yogi Sugito menegaskan, pendakian itu bukan merupakan kegiatan resmi dari kampus. "Wajar jika pihak kampus tidak tahu kalau ada mahasiswanya yang melakukan pendakian di Gunung Semeru dan saat ini hilang," katanya.

Kalau memang kegiatan kampus, jelas Yogi, seharusnya ada laporan terlebih dulu. Tetapi pendakian itu tidak ada laporan sama sekali ke pihak kampus. "Jika ada kegiatan pendakian, harus dilengkapi peralatan dan persiapan yang memadai," katanya.

Peralatan lengkap dan persiapan matang itu, katanya, untuk mencegah adanya pendaki yang tersesat nantinya. "Kalau sampai ada yang tersesat, berarti tidak ada persiapan yang memadai sebelum mendaki," akunya.

Lebih lanjut Yogi mengaku, bahwa dari 20 mahasiswa yang mendaki itu, hanya satu mahasiswa dari UB, yakni Iqbal itu. "Sementara 19 orang lainnya yang merupakan rombongan pendaki bukanlah mahasiswa UB," ujarnya.

Meskipun demikian, Yogi menegaskan, pihaknya tetap wajib membantu pencarian Iqbal. "Kami sudah terus berkoordinasi dengan tim SAR yang dibantu dengan relawan pecinta alam dari UB sendiri," katanya.

Yogi berharap, dalam waktu dekat semoga Iqbal segera ditemukan. "Harapan kita semua iqbal cepat ketemu dan dalam kondisi selamat," harapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X