Kompas.com - 29/10/2012, 17:33 WIB
|
EditorFarid Assifa

BONE, KOMPAS.com - Puluhan warga Kelurahan Palette, Kecamatan Taneteriattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mendatangi kantor Kelurahan Paltte menuntut agar imam masjid setempat segera dicopot lantaran diduga menggelapkan hewan kurban, Senin, (29/10/2012).

Peristiwa ini bermula saat sejumlah warga mengumpulkan uang untuk membeli enam ekor sapi guna dijadikan hewan kurban. Namun setelah perayaan Idul Adha, jumlah sapi yang dikurbankan hanya lima ekor. Sedangkan seekor lagi tak diketahui rimbanya.

Warga yang kesal kemudian mempertanyakan hewan kurban tersebut kepada imam masjid yang merupakan penyelenggara kurban. Sang imam masjid yang berinisial HM ini berjanji akan mengembalikan sapi tersebut. Namun setelah itu, HM malah kabur meninggalkan rumahnya.

"Katanya dibawa pergi ke kelurahan lain, kami minta kembali ternyata rumahnya sudah dikosongkan dan sudah dua hari ini menghilang," beber Abdullah, salah seorang warga.

Atas peristiwa ini, puluhan warga pun mendatangi kantor kelurahan setempat dengan harapan agar HM segera dicopot dari jabatannya sebagai imam masjid karena dinilai telah menggelapkan hewan kurban.

Sementara itu, Lurah Palette Andi Muhammad Adri mengaku tak memiliki wewenang untuk mencopot HM dari jabatan imam masjid. Kendati demikian, aspirasi warga akan ditindaklanjuti oleh pihak kelurahan.

"Kalau saya pribadi tidak ada masalah kalau memang itu permintaan warga, tapi ini bukan wewenang saya. Ini adalah wewenang dari Departemen Agama (Kementerian Agama, red)," kata Andi Muhammad Adri.

Pihak kelurahan pun selanjutnya membawa puluhan warga ini ke kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone dengan menggunkan mobil bak terbuka untuk meminta agar HM dicopot dari jabatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.