Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16.016 Pelajar Bantul Deklarasikan Antitawuran

Kompas.com - 29/10/2012, 15:53 WIB
Ferganata Indra Riatmoko

Penulis

BANTUL, KOMPAS.com - Sebanyak 16.016 pelajar dari SMA dan SMK di kawasan Bantul mendeklarasikan sikap antitawuran di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (29/10/2012).

Deklarasi tersebut mereka sampaikan dengan melantunkan Panembromo (tembang berbahasa Jawa) secara kompak. Salah satu lirik dalam tembang tersebut yaitu "Kita tansah guyub rukun. Welas asih mring sesami. Tebih saking cecongkrahan. Sugih sedulur utami. Kanca sewu isih kurang. Mungsuh siji den tebihi".

Sejak sekitar pukul 07.30, ribuan pelajar mulai datang berduyun-duyun ke stadion yang biasa digunakan untuk tempat pertandingan dan latihan kesebelasan Persiba tersebut. Selain berjalan kaki dan menaiki sepeda motor, sebagian pelajar juga mendatangi stadion tersebut dengan menaiki bus yang disewa oleh sekolah masing-masing.

Acara deklarasi tersebut dimulai dengan upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Bantul *Sri Surya Widati. Dalam amanatnya, istri Mantan Bupati Bantul Idham Samawi tersebut menegaskan bahwa pelajar yang turut mengikuti deklarasi tersebut adalah generasi yang cinta damai dan antitawuran.

Surya Widati menambahkan, kasus tawuran yang kian merebak pada akhir-akhir ini merupakan cermin kegagalan semua pihak. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama antarpihak terkait untuk bekerjasama membangun masyarakat pendidikan yang cinta damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com