Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAD Kalteng Minta Anggota KPU Putera Daerah

Kompas.com - 29/10/2012, 11:45 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah meminta para anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di provinsi itu adalah putera daerah.

Putera daerah dianggap lebih mengetahui persoalan di Kalteng, termasuk figur-figur yang dicalonkan menjadi bupati, wali kota, atau gubernur.

Ketua DAD Kalteng, Sabran Achmad, di Palangkaraya, Senin (29 /10/2012), menjelaskan, permintaan itu disampaikan untuk KPU kabupaten/kota dan provinsi. Saat ini, baru sebagian anggota KPU di Kalteng adalah putera daerah.

"Ke depan, kita mau KPU diisi mereka yang berasal dari Kalteng," ujarnya.

Mereka dinilai lebih memahami apirasi, jiwa, dan semangat masyarakat Kalteng. Selain itu, putera daerah diyakini bisa mengutamakan kejujuran.

Sabran mengatakan, sebagai putera daerah yang membawa nama Kalteng, mereka tentu akan menjunjung tinggi kepercayaan masyarakat provinsi sendiri.

"Kalau putera daerah jelas lebih mengerti masalah di Kalteng. Tapi, kalau mereka yang berasal dari luar daerah, kadang-kadang masalahnya lewat saja, tuturnya.

Sebelumnya, DAD Kalteng juga menginginkan agar kepala daerah di Kalteng adalah putera daerah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com