Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Muslim Merauke Rayakan Idul Adha

Kompas.com - 26/10/2012, 09:00 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com- Ribuan umat muslim di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, merayakan Idul Adha 1433 H, Jumat (26/10/2012) pagi. Mereka melaksanakan shalat Idul Adha di masjid-masjid, antara lain di Masjid Raya Merauke Al Aqsa. Umat shalat hingga di halaman masjid.

Khatib Wawan Gunawan, pimpinan Pondok Pesantren DDI Lampu Satu Merauke, dalam khotbahnya di Masjid Raya Merauke Al Aqsa menuturkan, di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, umat muslim jangan sampai kehilangan keimanan dan ketaqwaan. Tanpa ada iman dan taqwa, agama hanya akan menjadi formalitas dan ritual belaka.

Umat muslim diajak mengaplikasikan iman dan taqwa itu dalam wujud kesalehan di rumah dan lingkungan masing-masing. Bila mengaplikasikan iman dan taqwa dalam kehidupan akan menciptakan kesejahteraan.

Wawan mengatakan, akhlak menjadi ukuran keimanan seseorang. Bila akhlak buruk maka keimanan pun lemah. Bila keimanan lemah yang muncul adalah rasa cemburu dan curiga.

Pada hari Idul Adha 1433 di Merauke, jumlah hewan kurban yang tercatat Panitia Hari Besar Islam 266 sapi dan 45 kambing. Hewan-hewan kurban itu akan disembelih di berbagai tempat dan distrik di Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com