Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prameks Gratis, PT KAI Siap Merugi

Kompas.com - 25/10/2012, 12:52 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - PT KAI siap merugi saat memberikan layanan kereta api Prambanan Ekspress (Prameks) gratis selama empat hari, dari tanggal 24-28 Oktober 2012.

Diberitakan sebelumnya, pascatergulingnya kereta api Prameks di Kalasan, pada Selasa (23/10/2012) sore lalu, PT KAI meminta maaf dan mencoba terus memberikan pelayanan kepada pelanggan setia Prameks dengan cara memberikan pelayanan KA Prameks gratis jurusan Jogja-Solo dan sebaliknya.

Meskipun harus menanggung risiko merugi, PT KAI merasa wajib untuk mewujudkan permintaan maaf kepada pengguna Prameks yang setiap harinya bisa melayani 6.000 hingga 10.000 penumpang. Di musim liburan panjang, jumlah tesebut bisa meningkat. Dengan harga tiket Rp 10.000, pemasukan PT KAI dipastikan berkurang.

PT KAI melalu Humas Daop VI Jogjakarta, Eko Budiyanto, menganggap hal tersebut sebagai bentuk permintaan maaf PT KAI atas peristiwa tergulingnya KA Prameks.

"Kita anggap tidak merugi, namun pendapatan kami berkurang. Hal itu kita anggap sebagai doa menjelang Idhul Adha agar dimohonkan doanya agar perjalanan KA selalu dalam ridho-Nya," katanya saat dihubungi Kompas.com.

Seorang penumpang Prameks asal Solo, Katrine, mengatakan senang pelayanan gratis Prameks ini dan berharap PT KAI segera menemukan penyebab kecelakaan dan memperbaikinya.

"Senang dong  dan saya harap KAI segera menemukan penyebab kecelakaannya. Kalau bisa setahun sekali ada pelayanan gratis, Mas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com