Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Ton Urea Dikirim ke Merauke

Kompas.com - 20/10/2012, 12:52 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com- Kebutuhan pupuk urea untuk masa tanam padi musim rendengan tahun 2012/2013 di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, akhirnya segera tercukupi. Pihak PT Pupuk Kaltim akan mengirimkan 2.000 ton urea ke Merauke.

Petani berharap, pupuk urea tersedia sebelum awal masa tanam musim rendengan dimulai. Sugiyanto, petani yang juga pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTN A) Merauke di Merauke, Sabtu (20/10/2012), mengatakan, hingga kini petani belum dapat memperoleh pupuk urea subsidi meski telah mengajukan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) sebagai syarat mendapatkan urea.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merauke Bambang Dwiatmoko mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan urea di Merauke, PT Pupuk Kaltim telah berkomitmen mengirimkan 2.000 ton pupuk urea dalam dua kali pengapalan. Masing-masing pengiriman yaitu sebanyak 1.000 ton.

Diungkapkan dia, setelah muncul pemberitaan di media massa bahwa untuk tanam padi musim rendengan tahun 2012/2013 Merauke kekurangan stok pupuk urea hingga 1.500 ton, PT Pupuk Kaltim langsung meneleponnya.

"Kami telah dihubungi pihak PT Pupuk Kaltim yang memberi tahu akan mengirimkan sebanyak 2.000 ton pupuk urea ke Merauke," ujar di Merauke, Papua.

Diharapkan, pupuk urea itu sudah tiba di Merauke pada bulan November. "Kalau betul direalisasikan, berarti menghadapi masa tanam rendengan, stok pupuk urea akan cukup," ungkap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com