Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Bolos Mengajar, Siswa Keluyuran

Kompas.com - 20/10/2012, 09:18 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Menjelang ujian sekolah para siswa seharusnya lebih giat belajar atau bahkan menambah porsi belajarnya.

Namun, tidak demikian dengan para siswa SDN 039 Lampa Mapili, Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Bukannya belajar, para siswa sekolah ini justru sibuk bermain di luar kelas saat jam pelajaran.

Kondisi ini terjadi karena menurut warga sekitar dan para orangtua murid, sudah sepekan belakangan ini, kepala sekolah dan para guru sekolah tersebut tidak hadir mengajar.

"Kalau guru malas seperti ini, tentu siswa jadi korbannya," ujar Rahman, salah seorang warga yang menyekolahkan anaknya di SDN 039.

"Orangtua berharap anak-anaknya bisa belajar di sekolah, tetapi mereka hanya keluyuran karena tak ada guru di sekolah," tambah Rahman.

Meski tak ada guru yang mengajar, para siswa tetap berangkat sekolah sesuai waktu yang ditetapkan. Beberapa siswa bahkan mengaku sudah berada di sekolah sejak pukul 06.30 WITA. Namun, hingga siang hari para guru tak kunjung datang maka para siswa memilih untuk bermain di luar kelas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Polman, Arifuddin Toppo menyesalkan sikap kepala sekolah dan para guru SDN 039 ini. Toppo berjanji segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Kepala sekolah dan para guru SDN 039 akan segera dipanggil untuk menanyakan alasan mereka tak hadir di sekolah," ujar Toppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com