Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliki Bandara Internasional, Kunjungan Wisman ke Sulsel Masih Sedikit

Kompas.com - 19/10/2012, 10:35 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kawasan sekitar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), belum mampu mendukung tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulsel meningkat.

"Hal ini karena "catchment area" sekitar bandara, belum ada yang menarik untuk dikunjungi, khususnya untuk sektor bisnis dan pariwisata," kata GM PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Rahman Syafrie di Makassar, Kamis (18/10/2012).

Menurut dia, status bandara internasional hendaknya kawasan di sekitarnya dapat menjadi "Airport City" sebagai salah satu pengembangan layanan kepada "customer". Oleh karena itu, lanjut dia, untuk mendorong tingkat kunjungan wisman ke Sulsel meningkat, maka diperlukan dukungan dari Pemprov Sulsel dan Pemkot setempat.

"Keberadaan bandara internasional ini belum dimanfaatkan secara optimal, karena baru melayani dua rute internasional yakni Kuala Lumpur dan Singapura," katanya.

Padahal dari segi kapasitas bandara, dia mengakui, sudah cukup layak untuk melayani sejumlah penerbangan luar negeri dan menjadi rute penerbangan langsung ke mancanegara.

Dia mengatakan, kondisi itu terjadi karena tidak terlepas dari daya tarik dan sarana di Sulsel, khususnya di sektor bisnis dan pariwisata masih dibawah dari sejumlah negara di Asia Tenggara.

Berdasarkan data BPS Sulsel periode Agusutus 2012 diketahui, jumlah wisman yang berkunjung ke daerah ini masih relatif sedikit yakni 1.168 orang yang baru didominasi dari empat negara yakni Singapura, Malaysia, Inggris dan Jerman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com