Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTS Kapasitas 100 MW Dibangun

Kompas.com - 17/10/2012, 05:49 WIB

Jakarta, Kompas - Perusahaan energi, PJB Services dan First Solar, sepakat menjalin kerja sama dalam pembangunan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya dengan skala penggunaan sekitar 100 megawatt. Hal ini sebagai bagian dari upaya pemenuhan permintaan energi listrik di Indonesia yang terus meningkat.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilaksanakan pada Selasa (16/10), di Jakarta. First Solar adalah perusahaan bidang penyediaan sistem tenaga surya PV yang memakai modul berlayar tipis. Sementara PJB Services adalah perusahaan pengoperasian dan perawatan fasilitas pembangkit listrik tradisional di Indonesia. PJB Services, sebagai perusahaan induk, merupakan anak perusahaan dari PT Perusahaan Listrik Negara.

”Indonesia sangat membutuhkan sumber daya energi yang hemat dan juga dapat diandalkan. Karena itu, kerja sama dengan PJB Services ini dapat menjadi solusi ideal bagi Indonesia,” kata Manager Senior Pengembangan Bisnis dan Penjualan First Solar Asia Tenggara Won Park.

Menurut Won Park, nota kesepahaman ini menunjukkan kepercayaan First Solar terhadap potensi Indonesia sebagai pasar berkelanjutan yang memanfaatkan tenaga surya. Perusahaan itu optimistis, tenaga surya akan jadi bagian penting dari bauran energi Indonesia. ”Ini bentuk kerja sama pertama First Solar di Indonesia dan bagian dari strategi kami untuk masuk ke pasar energi berkelanjutan dunia yang terus berkembang,” ujar Won.

Nota kesepahaman itu juga jadi langkah awal kerja sama kedua perusahaan dalam pengembangan, pengadaan, pembangunan, pengoperasian, dan perawatan proyek berkapasitas sekitar 100 megawatt dari pembangkit listrik tenaga surya photovoltaic. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) photovoltaic itu termasuk solusi hybrid photovoltaic yang memakai modul photovoltaic berlayar tipis beserta sistem layanan dan komponen terkait.

Bagi PJB Services, nota kesepahaman merupakan langkah pertama dalam mengembangkan fasilitas PLTS photovoltaic.

”Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan penyedia tenaga surya terkemuka di dunia, untuk mengembangkan pembangkit listrik photovoltaic di Indonesia,” kata Presiden PJB Services Bernadus Sudarmanta. Sistem pembangkit listrik First Solar yang terintegrasi memberikan tenaga alternatif, menggantikan energi fosil. (EVY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com