Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2012, 13:32 WIB
|
EditorFarid Assifa

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Faisal, bocah 10 tahun asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yang sempat ditolak bersekolah karena alasan tak punya akta kelahiran dan orangtuanya tak punya surat nikah, akhirnya diperhatikan pemerintah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Polewali Mandar H Arifuddin Toppo menyatakan, Senin (15/10) hari ini, Faisal akan dijemput dan disekolahkan ke sekolah terdekat dari rumah bocah ini.

Dia menyatakan, persyaratan teknis seperti akta kelahiran dan surat nikah orangtua tidak bisa dijadikan alasan siswa ditolak bersekolah. Kendati demikian, persyaratan administrasi tersebut tetap penting untuk kepentingan siswa sendiri agar identitas dirinya dan kepemilikan ijazahnya kelak tidak bermasalah.

Menurut Ariffudin, jika ada persoalan akta kelahiran, seharusnya pihak sekolahlah yang proaktif memfasilitasi calon siswanya agar setiap anak bisa mendapatkan hak-hak pendidikan yang layak.

Sementara itu, Bayasa, nenek Faisal yang merawat bocah ini sejak kecil, kini sedikit mulai lega. Dia berharap Faisal bisa segera disekolahkan dan bisa mendapatkan pendidikan yang layak seperti teman-teman sebayanya.

Soal perlengkapan sekolah seperti baju, sepatu, buku, dan tas sekolah, Arifuddin menyatakan, Dinas Pendidikan memberi kelonggaran setiap siswa miskin untuk tidak berseragam sekolah. Sebenarnya, menurut Arifuddin, setiap siswa miskin bisa mendapatkan fasilitas bantuan siswa miskin. Hanya saja, Faisal belum terdaftar di sekolalah sebagai siswa miskin yang berhak mendapatkan bantuan.

Arifuddin menyatakan, jika Faisal sudah terdaftar resmi dan berkomitmen tetap ingin bersekolah, bocah ini memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa di sekolah, termasuk untuk membeli pakaian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.