Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud Buka Politeknik Kelautan di Banda Naira

Kompas.com - 14/10/2012, 20:08 WIB
Luki Aulia

Penulis

BANDA NAIRA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka politeknik negeri bidang perikanan, untuk mengembangkan kekayaan laut Banda Naira, Maluku Tengah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan, di politeknik itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium perikanan untuk praktik.

"Bentuk politekniknya, negeri atau swasta atau swasta yang di-negeri-kan terserah saja. Nanti kita bahas dengan pengelola pendidikan di Banda Naira," kata Nuh saat berkunjung ke Sekolah Tinggi Perikanan Hatta-Sjahrir di Banda Naira, Maluku Tengah, Sabtu (14/10/2012).

Pendirian politeknik dimungkinkan, karena kemdikbud menangani pemberian izin politeknik. Berbeda halnya dengan pendirian universitas yang tidak bisa ditangani kemdikbud, karena membutuhkan izin dari presiden. "Wewenangnya ada di presiden," kata Nuh.

Nuh menambahkan, negara harus memberikan perlakuan khusus bagi Banda Naira sebagai tanda hormat atas peran daerah itu dalam sejarah pembentukan bangsa. "Kalau tidak ada perlakuan khusus itu, berarti kita kurang menghormati peran penting Banda Naira," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com