Kompas.com - 12/10/2012, 20:54 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -  Kedatangan pesawat yang digunakan untuk hujan buatan di Kalimantan Tengah, terus diundur.

Sebelumnya, pesawat dijadwalkan tiba di Palangkaraya, Kalteng, Selasa lalu, namun ditunda. Kedatangan pesawat lalu diubah menjadi Sabtu besok, namun diundur lagi menjadi hari Minggu nanti.

Koordinator Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Budi Harsoyo di Palangkaraya, Jumat (12/10/2012), menjelaskan, pesawat masih mengalami masalah teknis. Pesawat PT Nusantara Buana Air (NBA) itu sekarang berada di Medan, Sumatera Utara.

Jika sudah berangkat, pesawat akan terbang menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan lalu melanjutkan perjalanan ke Palangkaraya. "Hingga siang tadi, masih ada masalah dan malam ini tim mekanik NBA di Medan sedang bekerja lembur," kata Budi.

Hujan buatan dilakukan sejak 28 Agustus 2012. Hingga 9 Oktober lalu hujan buatan dilaksanakan TNI Angkatan Udara (AU) yang telah kembali ke Pangkalan Udara (Lanud) Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Hujan buatan direncanakan berlangsung hingga 18 Oktober 2012.

"Setelah tim TNI AU selesai melaksanakan hujan buatan di Kalteng, tugas itu dilanjutkan dengan menggunakan pesawat NBA," papar Budi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.