Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedatangan Pesawat "Hujan Buatan" Terus Diundur

Kompas.com - 12/10/2012, 20:54 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -  Kedatangan pesawat yang digunakan untuk hujan buatan di Kalimantan Tengah, terus diundur.

Sebelumnya, pesawat dijadwalkan tiba di Palangkaraya, Kalteng, Selasa lalu, namun ditunda. Kedatangan pesawat lalu diubah menjadi Sabtu besok, namun diundur lagi menjadi hari Minggu nanti.

Koordinator Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Budi Harsoyo di Palangkaraya, Jumat (12/10/2012), menjelaskan, pesawat masih mengalami masalah teknis. Pesawat PT Nusantara Buana Air (NBA) itu sekarang berada di Medan, Sumatera Utara.

Jika sudah berangkat, pesawat akan terbang menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan lalu melanjutkan perjalanan ke Palangkaraya. "Hingga siang tadi, masih ada masalah dan malam ini tim mekanik NBA di Medan sedang bekerja lembur," kata Budi.

Hujan buatan dilakukan sejak 28 Agustus 2012. Hingga 9 Oktober lalu hujan buatan dilaksanakan TNI Angkatan Udara (AU) yang telah kembali ke Pangkalan Udara (Lanud) Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Hujan buatan direncanakan berlangsung hingga 18 Oktober 2012.

"Setelah tim TNI AU selesai melaksanakan hujan buatan di Kalteng, tugas itu dilanjutkan dengan menggunakan pesawat NBA," papar Budi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com