Tunggak Rp 600.000, Listrik Rumah Bung Karno Terancam Dicabut

Kompas.com - 10/10/2012, 17:01 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BENGKULU, KOMPAS.com - Listrik di rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, terancam dicabut, karena telah menunggak tiga bulan. Jumlah tunggakannya hanya sekitar Rp 600.000.

Pedagang yang berjualan buku dan suvenir di rumah pengasingan Bung Karno, Lusi, mengatakan, pihak dari PLN yang akan mencabut listrik sudah datang, Rabu (10/10/2012), pagi. Pegawai PLN itu memperlihatkan tagihan selama tiga bulan sebesar sekitar Rp 600.000 yang belum dibayar.

"Saya bilang kepada orang PLN itu, jangan dicabut dululah bos. Masak nanti rumahnya gelap kayak rumah hantu saja," ujar Lusi.

Menurut Lusi, sebelum upaya pencabutan hari ini sebelumnya PLN sudah melayangkan surat teguran hingga dua kali. Setahu Lusi, juru pelihara rumah sudah melaporkan tunggakan listrik itu kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Juru pelihara rumah Bung Karno, Yaman, mengatakan, walaupun rumah Bung Karno dibawah pengelolaan Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, tetapi selama ini tagihan listrik setiap bulannya dibayar oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Ia tidak tahu berapa jumlah tagihan listrik rumah itu setiap bulannya.

Kejadian serupa, kata Yaman, pernah terjadi tahun 2008 lalu. Rumah pengasingan itu pernah ditempati Bung Karno tahun 1938-1942. Di rumah itulah Bung Karno bertemu Fatmawati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.