Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Obat Ilegal Daring Terus Meningkat

Kompas.com - 09/10/2012, 03:36 WIB

Jakarta, Kompas - Perdagangan obat ilegal ataupun palsu secara daring terus meningkat sejalan dengan melek internet. Obat yang paling banyak dipasarkan adalah obat kuat pria, obat peningkat libido wanita, dan obat pelangsing.

”Tidak ada obat kuat dan obat pelangsing legal yang bisa diperjualbelikan bebas di pasaran. Orang dengan gangguan disfungsi ereksi atau obesitas bisa mendapat obat melalui dokter,” kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucky S Slamet di Jakarta, Senin (8/10).

Masyarakat juga diminta tak tergoda iklan obat disfungsi ereksi atau obat pelangsing yang banyak diiklankan, termasuk di media sosial. Konsumsinya perlu resep dan petunjuk dokter.

Pada Operasi Pangea V, 25 September-2 Oktober 2012, BPOM mengidentifikasi 83 situs yang memasarkan obat ilegal, yang tak berizin edar di Indonesia. Jumlah situs ini menambah marak perdagangan obat ilegal secara daring (online). Tahun sebelumnya, Operasi Pangea IV mengidentifikasi 30 situs yang menjual obat ilegal.

Jenis obat ilegal yang disita meningkat, dari 57 jenis tahun lalu menjadi 66 jenis obat. Nilai obat yang disita naik dari Rp 82 juta jadi Rp 150 juta. Namun, jenis obat sitaan sama, didominasi obat kuat dan pelangsing.

”Kandungan dalam obat masih ditelusuri,” katanya. Obat-obat ilegal ini diduga mengandung sejumlah zat berbahaya bagi organ tubuh tertentu.

Menurut Lucky, dilihat dari kemasan, obat-obat ilegal sitaan tak mungkin diberi izin edar di Indonesia. Kemasannya mengeksplotasi tubuh. Keterangan manfaat obat dalam kemasan juga berlebihan.

Mayoritas impor

Obat-obat yang disita umumnya impor dari China. Merek dagang dan tulisan dalam kemasan menggunakan nama dan huruf China. Padahal, obat yang beredar di Indonesia harus ada petunjuk penggunaan dan indikasi berbahasa Indonesia.

Kepala Subdirektorat Penyidikan dan Penindakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Aidil Chendramata mengatakan, pemerintah memblokir 30 situs perdagangan obat ilegal yang diidentifikasi dari Operasi Pangea IV. Pemblokiran 83 situs perdagangan obat ilegal hasil Operasi Pangea V menunggu permintaan pemblokiran BPOM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com