Kompas.com - 09/10/2012, 03:10 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

KAIRO, KOMPAS.com — Berbondong-bondongnya jemaah haji dari seluruh pelosok dunia ke Arab Saudi dimanfaatkan oleh pengelola restoran di negara tersebut. Harga bahan makanan terutama di restoran di seantero negeri itu meningkat mencapai 30 persen.

Menurut surat kabar Al Hayat dari Arab Saudi, Senin (8/10/2012) waktu setempat, umumnya rumah makan meningkatkan harga setiap porsinya antara 20 hingga 30 persen.

Para pemilik rumah makan beralasan bahwa mereka terpaksa menaikkan harga terkait meroketnya harga bahan-bahan pokok, seperti daging, beras, dan minuman menyusul peningkatan harga minyak dunia belakangan ini.

Sejumlah konsumen yang dimintai tanggapan mengatakan mereka kaget dengan melambungnya harga makanan di restoran-restoran setempat.

"Kami tidak menyangka semahal ini harga makanan di restoran. Bayangkan, dua porsi makanan dihargai 289 riyal atau sekitar 77 dollar AS," kata sepasang suami-istri yang kaget dengan harga makanan mereka.

Makanan rakyat seperti nasi Arab yang biasanya dihargai lima hingga tujuh riyal meningkat antara 12 dan 15 riyal.

Beberapa pelanggan rumah makan lainnya mengaku sempat berdebat dengan pelayan rumah makan karena mereka harus membayar tidak seperti biasanya. Kendati demikian, harga makanan di negara kaya minyak itu dianggap masih lebih murah dibanding dengan negara-negara tetangga di kawasan Teluk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.