Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasai Lima Bahasa, SMPN Lamongan Wakili Jatim di Festival Maulid Nusantara

Kompas.com - 08/10/2012, 18:33 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com —  Siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Lamongan, Masrifquyah Alfisyah (14) biasa disapa Afis, mewakili Jawa Timur untuk kategori Lomba Dai Remaja dalam Festival Maulid Nusantara pada 11-14 Oktober di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam, Jakarta Utara.

Ia lolos mewakili Jatim setelah melalui dua kali seleksi, yakni juara pertama lomba dai dan lolos seleksi tahap kedua bersama seluruh juara kategori lainnya seperti pidato, qiroah (baca Al Quran dengan indah), nasyid (musik acapella) dan kaligrafi.

Afis berlatih setiap hari di rumah. Ia menghafal dan memahami materi dengan dilatih khusus oleh ibunya sendiri. Sang ibu, Isrofiyah, menjadi ustazah terfavorit dalam lomba dai di televisi nasioal pada 2006, sedangkan ayahnya, Masduki Yasin, adalah juara Dakwah Pembangunan Nasional pada 1997.

Kepala SMP Negeri 1 Lamongan Khoirul Anam menyebutkan Afis, alumnus SDN Made IV, adalah siswa multitalenta. Afis yang juga belajar di Pondok Pesantren Roudhotul Quran Lamongan itu menguasai lima bahasa asing di antaranya Inggris, Arab, dan Mandarin. Setiap Jumat pagi, Afis memimpin tartil Quran di SMP Negeri 1 Lamongan. Afis pernah menjadi juara pidato Hari Anak Nasional (HAN) Jatim saat ia masih SD.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com