Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Desa di Lamongan Jadi Percontohan Desa Elektronik

Kompas.com - 08/10/2012, 18:31 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tahun 2013 mendatang akan memulai program Pengelolaan Administrasi Desa Elektronik (PADE). Semua data potensi desa baik berupa data administrasi pertanahan maupun kependudukan akan terdokumentasi secara digital lewat program itu.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Lamongan Mohammad Nalikan, Senin (8/10/2012), menyatakan tahap awal dipilih 10 desa sebagai percontohan. Selanjutnya secara bertahap, 472 desa dan kelurahan akan terlayani program ini. Diharapkan data yang disediakan desa akan aktual dan valid serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, ujarnya.

Sebanyak 10 desa yang dijadikan proyek percontohan ialah Desa Brengkok (Kecamatan Brondong), Latuan (Karanggeneng), dan Balon (Turi), Desa Dinoyo (Deket), Priyoso (Karangbinangun), Cangkring (Bluluk), Pule (Modo), Banyubang (Solokuro), Sukolilo (Sukodadi), dan Desa Sumengko (Kedungpring). Sebelumnya ada studi banding ke Desa Ngunut, Kecamatan Babatan, Kabupaten Ponorogo.

Pengelolaan Administrasi Desa Elektronik dikonsentrasikan untuk penataan administrasi kependudukan, pelayanan masyarakat, dan pertanahan. Program itu juga bisa untuk mendukung data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), profil desa yang berisi seluruh potensi unggulan desa serta data pertanahan.

"Kami berharap nantinya pelaksanaan seluruh pendataan di desa yang selama ini masih manual dengan data yang kurang akurat akan bisa lebih baik," tutur Nalikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com