Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Simpan Data E-KTP di Batam

Kompas.com - 08/10/2012, 10:38 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Pemerintah menyimpan cadangan data e-KTP seluruh Indonesia di Batam, Kepulauan Riau. Penyimpanan disediakan oleh Badan Pengusahaan Batam.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustafa Widjaya mengatakan, BP Batam memiliki gedung pusat data. Fasilitas itu antara lain difungsikan sebagai penyimpanan data cadangan. "Pemerintah menyimpan cadangan data e-KTP seluruh Indonesia di Pusat Data BP Batam," ujarnya, Senin (8/10/2012) di Batam.

Data cadangan seluruh e-KTP akan dimasukkan secara bertahap di fasilitas itu. Hingga saat ini, lebih dari 100 juta data penduduk Indonesia sudah masuk ke fasilitas penyimpanan di Pusat Data BP Batam.

Fasilitas itu mempunyai sejumlah keunggulan. Lokasi fasilitas terletak di wilayah yang selama berpuluh tahun terakhir tidak tercatat ada bencana berupa gempa, banjir, tsunami, dan jauh dari gunung api. BP Batam juga melengkapi fasilitas itu dengan sistem pengamanan dari api serta pengamanan standar pusat data. "Ke depan, kami mengharapkan lebih banyak data ataupun cadangan data disimpan di sini," ujar Mustafa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com