Kompas.com - 08/10/2012, 10:38 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorRusdi Amral

BATAM, KOMPAS.com — Pemerintah menyimpan cadangan data e-KTP seluruh Indonesia di Batam, Kepulauan Riau. Penyimpanan disediakan oleh Badan Pengusahaan Batam.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustafa Widjaya mengatakan, BP Batam memiliki gedung pusat data. Fasilitas itu antara lain difungsikan sebagai penyimpanan data cadangan. "Pemerintah menyimpan cadangan data e-KTP seluruh Indonesia di Pusat Data BP Batam," ujarnya, Senin (8/10/2012) di Batam.

Data cadangan seluruh e-KTP akan dimasukkan secara bertahap di fasilitas itu. Hingga saat ini, lebih dari 100 juta data penduduk Indonesia sudah masuk ke fasilitas penyimpanan di Pusat Data BP Batam.

Fasilitas itu mempunyai sejumlah keunggulan. Lokasi fasilitas terletak di wilayah yang selama berpuluh tahun terakhir tidak tercatat ada bencana berupa gempa, banjir, tsunami, dan jauh dari gunung api. BP Batam juga melengkapi fasilitas itu dengan sistem pengamanan dari api serta pengamanan standar pusat data. "Ke depan, kami mengharapkan lebih banyak data ataupun cadangan data disimpan di sini," ujar Mustafa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.