Kompas.com - 06/10/2012, 19:20 WIB
EditorRusdi Amral

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin berharap pekan depan pelaksanaan pembuatan hujan buatan sudah bisa dilakukan di wilayahnya. Pernyataan itu disampaikan Rudy usai mengikuti salat minta hujan, Sabtu (6/10/2012) pagi, di Banjarmasin, Kalsel.

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hujan buatan di Kalsel kemungkinan baru dilakukan 10 Oktober 2012, karena perlu penyiapan pesawat, mobilisasi bahan semai, dan koordinasi dengan pemda.

"Untuk hujan buatan di Kalsel untuk periode pertama disiapkan 15 hari dengan anggaran Rp 1,73 miliar. Dan untuk operasi pemadaman di darat Rp 390 juta," ujar Sutopo melalui pesan Blackberry, Sabtu malam.

Menurutnya, semua dana berasal dari Dana Siap Pakai BNPB. Jika ternyata kebakaran lahan dan hutan masih banyak maka BNPB sudah menyiapkan perpanjangan operasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.