Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Warga Kembali Pecah di Ambon

Kompas.com - 06/10/2012, 06:11 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Dua kelompok warga di Ambon, Sabtu (6/10/2012) dinihari sekitar pukul 02.40 Wit terlibat bentrok di kawasan Ongkoliong, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon. Bentrok yang terjadi kali ini merupakan bentrok lanjutan dua kelompok warga yang sama, yang sebelumnya pecah pada Rabu, (3/10/2012) dinihari.

Pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, kedua kelompok warga ini sama-sama mempersenjatai diri dengan kayu, besi, serta sejumlah alat tajam seperti parang dan pisau. Tidak terjadi saling serang secara terbuka karena salah satu kelompok warga hanya bertahan dan bersiaga di sejumah bangunan bekas ruko di kawasan Ongkoliong.

Meskipun demikian, aksi saling lempar batu antara keduanya tidak dapat dihindari. Tidak ada laporan korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini, namun sebuah toko kaset yang terletak di kawasan Ongkoliong dibakar salah satu kelompok warga. Warga juga merusak pagar di terminal luar kota yang berada di kawasan tersebut.

Untuk mengamankan situasi, ratusan aparat TNI dan polisi dari Polres Pulau Ambon dan pulau-pulau Leasse dibantu Brimob Polda Maluku langsung mendatangi lokasi kejadian dan menyekat kedua kelompok ini.

Aparat TNI dan polisi bahkan sempat kewalahan untuk menghalau ratusan orang dari salah satu kelompok warga yang terus merangsek masuk ke bekas ruko yang dijadikan tempat pertahanan kelompok warga lain yang terlibat bentrok.

Untuk menghalau massa, dan menghindari terjadinya kontak langsung antar warga, aparat kemanan sempat mengeluarkan tembakan ke udara secara berulang-ulang.

Beberapa saat sebelum bentrok terjadi, terdengar bunyi pukulan tiang listrik yang dengan cepat membuat warga langsung terkonsentrasi. Informasi yang dihimpun di lapangan, kuat diduga bentrok susulan ini terjadi menyusul adanya saling ejek di antara kedua kelompok warga.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari aparat kepolisian, sementara itu kondisi dan situasi keamanan di Kawasan Ongkoliong Desa Batu Merah berangsur normal dan sepenuhnya telah dapat dikendalikan aparat kemamanan dari TNI dan Polisi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com