Kompas.com - 05/10/2012, 16:30 WIB
|
EditorFarid Assifa

JANTHO, KOMPAS.com - Sebanyak empat orang warga Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh Besar divonis Mahkamah Syariah dengan hukuman cambuk akibat melanggar qanun syariat Islam Nomor 13/2003 tentang Maisir (judi).

Mereka tertangkap tangan sedang bermain judi domino di sebuah warung kopi di kawasan Sibreh, Aceh Besar.

Kepala Satpol PP-WH Aceh Besar M. Rusli mengatakan penangkapan dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2012 lalu, dan baru saja divonis oleh majelis hakim Mahkamah Syariah Kabupaten Aceh besar pada Kamis kemarin.

"Mereka ditangkap polisi dari Polres Aceh Besar dan kemudian diserahkan ke pihak Wilayatul Hisbah atau polisi syariah untuk diproses," jelas Rusdi.

Saat penangkapan, polisi juga menyita uang sebesar Rp 229.000, dan barang bukti lainnya berupa satu set batu domino dan alat tulis. Menurut Rusli, mereka dicambuk setelah divonis Mahkamah Syariah Jantho pada Kamis (4/10/2012) karena terbukti melanggar Pasal 26 ayat (1) Qanun No 13 tahun 2003 tentang Maisir (Perjudian).

Pelaksanaan hukuman cambuk ini dilakukan di halaman Masjid Agung Al-Munawarah, Kota Jantho yang merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Besar. Masing-masing terdakwa mendapat vonis 7 kali cambukan di hadapan khalayak ramai.

"Yang dicambuk hari ini seharusnya ada empat orang, namun pelaksanaan hanya tiga orang, karena yang satunya dalam kondisi sakit berdasarkan keterangan dokter," jelas Rusdi, Jumat (5/10/2012).

Pelaku pelanggaran masing-masing adalah Zulkifli (43), Muslim bin Safwan (42) keduanya warga Desa Tampok Jeurat Raya, Kecamatan Sukamakmur. Kemudian Afifuddin bin Ibrahim (40) dan Baihaqi, yang merupakan warga Desa Tampok Blang, Kecamatan Sukamakmur.

Eksekusi cambuk ini menyedot perhatian warga yang baru saja usai melaksanakan ibadah shalat Jumat. Ini adalah eksekusi cambuk pertama yang diadakan di Aceh Besar untuk tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.