Awas! Penipu di Kapal Pelni Pakai Uang Mainan

Kompas.com - 05/10/2012, 03:10 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

PAREPARE, KOMPAS.com - Awas, penipuan di atas kapal motor penumpang milik PT Pelni bisa saja terjadi. Seperti yang terjadi, Kamis (4/10/2012), atas dua penumpang KM Bukit Siguntang, Jumardi dan Zaenal. Keduanya tanpa sadar menyerahkan harta bendanya, setelah diperdaya oleh sesama penumpang yang dikenal di atas kapal.

Untuk memperdaya korbannya, pelaku memperlihatkan tumpukan uang mainan, yang mirip dengan uang pecahan Rp 100 ribu. Jumardi, penumpang asal Grogot, Balikpapan, Kalimantan Timur lantas kehilangan ponsel Nokia CX2 dan uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

"Saya kenal dengan orang yang menipu saya di atas kapal itu ketika kapal dalam perjalanan menuju ke Pelabuhan Parepare," kata Jumardi saat melaporkan musibahnya kepada aparat Polsek KPN Pelabuhan Nusantara Parepare.

"Saya tidak tahu, kalau orang itu ternyata punya niat buruk kepada saya. Sewaktu di atas kapal, orang itu selalu menawarkan jasa baik. Seperti yang dijanjikan kalau tiba di Parepare nantinya, kita sama-sama ke Bone. Nanti saya yang bayarkan sewa mobil ke sana," ungkap Jumardi.

Korban lainnya, Zaenal, penumpang asal Balikpapan tujuan Kabupaten Barru kehilangan laptop merek Acer, ponsel BlackBerry dan Samsung Galaxy, dompet yang berisi kartu-kartu penting, termasuk uang tunai Rp 2,5 juta. Untuk memuluskan tipuannya, pelaku menitipkan dua buah amplop yang seakan-akan berisi uang masing-masing Rp10 juta sehingga totalnya Rp20 juta kepada Zaenal.

Kepala Polsek KPN Pelabuhan Nusantara Parepare, AKP Iskandar Hafid, mengatakan, berangkat dari laporan kedua penumpang tersebut, polisi lalu mengejar pelaku di atas kapal. "Kami akan merupaya menindak lanjuti laporan kedua korban penipuan tadi," kata Iskandar singkat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X