Kompas.com - 04/10/2012, 19:33 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan dirinya siap untuk mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 7 Oktober 2012. Dia juga telah menyiapkan penyelenggaraan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Terpilih Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

"Pokoknya saya siap untuk tanggal 7 Oktober," kata pria yang akrab disapa Foke di Balaikota, Kamis (4/10/2012).

Meski begitu, Foke mengaku tak tahu kapan pelantikan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama. Menurut dia, dia tidak punya kewenangan terkait tanggal pelantikan.

"Yang bisa menjawab semuanya itu Mendagri," ujar Foke.

Hal senada juga diungkapkan Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Dahliah Umar. Menurut dia, yang berwenang adalah Kemendagri.

"Itu semua sudah ranahnya Kemendagri, Sekretariat Negara (Sekneg), dan DPRD," kata Dahliah di Balaikota DKI.

Dahliah pada kesempatan itu hanya menjelaskan bahwa dia datang ke Balaikota untuk melaporkan penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Sebab, merupakan tugasnya melaporkan itu kepada Presiden, DPR, DPRD DKI, dan Gubernur dengan tembusan ke KPU RI dan Bawaslu.

"Setelah itu, kami sampaikan dalam surat itu bahwa tidak ada keberatan hasil Pilkada DKI 2012 . Jadi hari ini kami sampaikan dan selesaikan kepada pihak yang bersangkutan," kata Dahliah.

Terkait pelantikan Jokowi-Basuki, hingga saat ini diperkirakan digelar 11 Oktober 2012, mundur dari rencana semula 7 Oktober 2012. Hal ini disebabkan proses administrasi yang panjang.

Berita terkait dapat diikuti di topik: Jakarta1.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.