Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelalaian Manusia Penyebab Tenggelamnya KMP Bahuga Jaya

Kompas.com - 03/10/2012, 16:56 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil penyelidikan sementara polisi, karamnya kapal roro KMP Bahuga Jaya di Selat Sunda, diyakini akibat human error (kelalaian manusia).

Dalam kasus tabrakan antara KMP Bahuga Jaya dan kapal tanker Norgas Cathinka berbendera Singapura,  para nakhoda dari kedua kapal ini menjadi pihak yang paling bertanggung-jawab.

Hal itu diungkapkan Direktur Kepolisan Air Polda Lampung, Komisaris Besar Edion, Rabu (3/10/2012), saat ditanya mengenai perkembangan hasil pemeriksaan terhadap tiga awak kapal Norgas Cathinka.

Ia mengatakan, hingga kini pihaknya bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Administratur Pelabuhan Bakauheni dan Merak, serta Mahkamah Pelayaran, masih menyelidiki kasus yang mengakibatkan sedikitnya tujuh orang tewas dan belasan lainnya hilang itu.

Sejauh ini sudah 15 saksi yang diperiksa polisi dalam kejadian itu. Mereka adalah para awak KM Bahuga Jaya, Norgas Cathinka, dan para penumpang.

Namun, polisi belum menetapkan adanya tersangka dalam kasus ini. Dari hasil pemeriksaan sementara, ungkapnya, diduga kecelakaan itu disebabkan kelalaian manusia, yaitu dari nakhoda kedua kapal tersebut.

"Ada unsur kelalaian yang telah dilakukan kedua nakhoda kapal sehingga berakibat kejadian itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com