Kompas.com - 03/10/2012, 16:35 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

 

 

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Seekor harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dari Banda Aceh yang henda k dikirim ke Jatimpark 2, Jawa Timur, mati.

Satwa yang dikirim oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh itu,  diduga mati saat diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Aceh menuju Surabaya, Selasa ( 2/10/2012).

Kepala Subbagian Tata Usaha BKSDA Aceh, Afan Absori, Rabu (3/10/2012), di Banda Aceh, mengungkapkan, dari hasil otopsi sementara di Laboratorium Universitas Syiah Kuala, ditemukan adanya memar di pipi kanan harimau itu. Ditemukan pula darah yang keluar dari mulut, hidung, serta mata satwa itu. Kaki kanan harimau itu juga didapati mengalami cerai sendi.

"Padahal saat akan dikirim kondisinya sehat, layak terbang," kata Afan.

Empat ekor harimau sumatera diterbangkan dengan pesawat GA 143 pada 2 Oktober 2012, pukul 11.25 WIB dengan paket Cargo Animal Live. Namun, saat sampai di Medan, ketika  pesawat tersebut transit, pihak Garuda memutuskan mengembalikan hewan-hewan itu  kembali ke Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh dengan pesawat GA 146 dan tiba sekitar pukul 16.33 WIB.

BKSDA Aceh menyertakan seorang petugas untuk mengawal pengiriman itu. Namun, petugas itu diberi tahu jika harimau sumatera yang dikirim sudah dikembalikan begitu tiba di Jakarta.  

"Informasi awal yang kami terima, pengembalian satwa itu dilakukan karena ada komplain dari penumpang yang mencium bau di pesawat," lanjut Afan.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.