Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bantu Pendidikan Indonesia 83,7 Juta Dollar AS

Kompas.com - 03/10/2012, 11:58 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan bantuan  dana senilai 83,7 juta dollar AS untuk membantu pendidikan Indonesia. Bantuan ini diwujudkan dalam program Prioritizing Reform, Innovation, Oppurtunities for Reaching Indonesia's Teacher, Administrators, and Students (PRIORITAS). Bantuan AS ini merupakan bagian penting dari Kemitraan Komprehensif Amerika dengan Indonesia, yaitu komitmen yang ditandatangani oleh Presiden Barrack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010 untuk meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan antara kedua negara.

"Program pendidikan baru dari USAID akan memberikan bantuan kepada SD, SMP, dan madrasah agar dapat menyediakan pendidikan dengan standar internasional kepada generasi muda Indonesia. Kami berharap bahwa program ini akan membantu siswa di seluruh Indonesia mencapai potensi kemampuannya secara penuh dan mengarahkannya ke jalan menuju sukses," jelas Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel dalam peluncuran USAID PRIORITAS di Kantor Kemendikbud di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Hadir pula dalam acara itu adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud Suyanto, Direktur Misi USAID Andrew Sisson, Sekretaris untuk Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Indroyono Soesilo, serta Direktur Jenderal untuk Pendidikan Agama di Kementerian Agama Nur Syam. Program PRIORITAS USAID akan menyedikan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas mengajar dan belajar 1.400 SD, SMP, dan madrasah di 110 kabupaten/kota dengan fokus pada daerah berpenghasilan rendah.

Program PRIORITAS akan meningkatkan akses siswa terhadap pendidikan, meningkatkan kualitas dan relevansi program pendidikan guru, mempromosikan transparansi dan meningkatkan kualitas pengajaran membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Program ini juga untuk meningkatkan kapasitas pemerintah kota/kabupaten dan provinsi. Kerjasama juga dijalin dengan 20 lembaga pelatihan guru untuk meningkatkan pelatihan dan kinerja guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com