Kompas.com - 02/10/2012, 21:50 WIB

ATAMBUA, KOMPAS.com - Pengiriman kembali ratusan warga eks Timor Timur atau Timtim ke tanah asalnya atau repatriasi ke Timor Leste merupakan jalan keluar yang terbaik mengatasi penuntasan persoalan yang selama ini dialami sejak memilih menjadi warga negara Indonesia pada tahun 1999 silam.

Hal tersebut disampaikan wakil koordinator Circle of Imagine Society (CIS) Timor, wilayah Atambua, Deonato Moreira, Senin (1/10/2012) kemarin. Menurut Moreiro warga yang melakukan rapatriasi kebanyakan yang berprofesi sebagai petani atau wiraswasta yang tidak punya penghasilan tetap.

"Repatriasi menjadi jalan satu-satunya dalam penyelesaian masalah yang selama ini dialami oleh warga eks Timtim khususnya bagi mereka yang petani, sedangkan kalau yang PNS, TNI/Polri tidak ada masalah karena mereka punya penghasilan tetap setiap bulannya," kata Moreira.

Lanjut Moreira, persoalan utama yang krusial bagi warga eks Timtim adalah lahan, sedangkan rumah adalah pelengkap sehingga bila bantuan rumah sampai ratusan ribu rupiah pun, tapi mereka tidak memiliki lahan, tetap saja sia-sia dan persoalan warga eks Timtim tidak akan selesai.

Karena itu, menurut Moreira, pemerintah pusat harus tegas dan serius untuk memberi ruang kepada warga eks Timtim menentukan pilihan mereka sendiri dengan mendukung program repatriasi dari pada bangun rumah tapi tidak ditempati.

Data CIS untuk warga eks Timtim yang telah melakukan repatriasi terhitung sejak tahun 2009 sampai dengan 2012 tercatat sudah lebih dari ratusan orang yakni tahun 2009 sebanyak 60 KK, tahun 2010 sebanyak 13 KK yang terdiri dari 44 jiwa, tahun 2011 sebanyak 25 yang terdiri dari 67 jiwa dan tahun 2012 sebanyak 6 KK yang terdiri dari 18 jiwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.