Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Belum Putuskan Maju atau Tidak

Kompas.com - 02/10/2012, 18:12 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa belum memutuskan soal keikutsertaannya pada pemilihan gubernur Jawa Timur 2013. Alasannya, pengalaman kalah dalam pilgub tahun 2008 sangat menyedihkan karena banyak penyimpangan, termasuk daftar pemilih tetap (DPT) fiktif.

Pada pilgub Jatim 2008, Khofifah berpasangan dengan Mudjiono atau biasa disebut dengan pasangan Kaji. Saat itu pasangan ini diusung oleh PPP dan puluhan partai koalisi.

Ditemui di kompleks SMA Khadijah Surabaya, Selasa (2/10/2012), mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menyatakan belum berani memastikan apakah ikut atau tidak pada pilgub yang dijadwalkan pada 29 Agustus 2013.

"Saya melakukan pemetaan dahulu, nanti pada Desember saya akan mengumumkan soal ikut atau tidak dalam pilgub," katanya.

Komitmen penyelenggara pemilu di Jatim masih dipertanayakan karena persoalan DPT fiktif dan sejumlah kecurangan diduga kuat terjadi pada pilgub lalu. Jadi, kata Khofifah, komitmen dari seluruh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim harus terukur sehingga pola yang memungkinkan terjadi penggelembungan suara pemilih harus bisa diantisipasi mulai sekarang.

"Buat apa saya buang energi percuma kalau lapangan di Jatim masih 'becek' seperti pelaksanaan pilgub lalu kendati pelaku kecurangan bukan pada sosok calon,  lebih pada sistem yang masih amburadul. Artinya sesuatu yang benar dikalahkan oleh yang salah tapi dengan sistem terorganisir," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com