Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelaman ke Bangkai Bahuga Jaya Dihentikan

Kompas.com - 02/10/2012, 17:46 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com — Setelah sempat dilakukan dua hari berturut-turut, kegiatan penyelaman ke bangkai KMP Bahuga Jaya yang tenggelam di Selat Sunda kini telah dihentikan. "Itu (penyelaman dan evakuasi) kami hentikan sementara. Personel pendukung dari TNI AL, marinir, dan Dishub telah ditarik dari lokasi sambil menunggu hasil evaluasi," ujar Koordinator Misi SAR Basarnas Saidar R Jaya, Selasa (2/10/2012).

Adapun total jumlah personel tim SAR gabungan yang ditarik ini mencapai sekitar 80 orang. Sesuai prosedur,  operasi SAR dilakukan hingga sepekan pasca-kejadian. KMP Bahuga Jaya tenggelam seusai bertabrakan dengan kapal tanker Norgas Cathinka, Rabu (26/9/2012) lalu. Tim SAR gabungan telah menemukan posisi bangkai kapal akhir pekan lalu. Namun, kapal naas ini sulit dijangkau karena berada di kedalaman 76 meter. Upaya penyelaman pun gagal karena terkendala arus bawah laut yang sangat deras. Meskipun evakuasi jenazah korban yang terjebak di bangkai KMP Bahuga Jaya dihentikan,  tim SAR Basarnas hingga kemarin masih melakukan penyisiran di pantai untuk mencari jenazah korban yang belum ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com