Kompas.com - 02/10/2012, 17:46 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com — Setelah sempat dilakukan dua hari berturut-turut, kegiatan penyelaman ke bangkai KMP Bahuga Jaya yang tenggelam di Selat Sunda kini telah dihentikan. "Itu (penyelaman dan evakuasi) kami hentikan sementara. Personel pendukung dari TNI AL, marinir, dan Dishub telah ditarik dari lokasi sambil menunggu hasil evaluasi," ujar Koordinator Misi SAR Basarnas Saidar R Jaya, Selasa (2/10/2012).

Adapun total jumlah personel tim SAR gabungan yang ditarik ini mencapai sekitar 80 orang. Sesuai prosedur,  operasi SAR dilakukan hingga sepekan pasca-kejadian. KMP Bahuga Jaya tenggelam seusai bertabrakan dengan kapal tanker Norgas Cathinka, Rabu (26/9/2012) lalu. Tim SAR gabungan telah menemukan posisi bangkai kapal akhir pekan lalu. Namun, kapal naas ini sulit dijangkau karena berada di kedalaman 76 meter. Upaya penyelaman pun gagal karena terkendala arus bawah laut yang sangat deras. Meskipun evakuasi jenazah korban yang terjebak di bangkai KMP Bahuga Jaya dihentikan,  tim SAR Basarnas hingga kemarin masih melakukan penyisiran di pantai untuk mencari jenazah korban yang belum ditemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.