Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMP Stella Duce 1 Pecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 02/10/2012, 11:51 WIB
Ferganata Indra Riatmoko

Penulis

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — SMP Stella Duce 1 Yogyakarta berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai sekolah pelopor pengguna batik karya sendiri.

Penghargaan itu diserahkan di sekolah yang berada di Jalan Dagen, Yogyakarta, itu saat peringatan Hari Batik Nasional, Selasa (2/10/2012).

Tradisi membatik di sekolah itu telah dimulai sejak tahun 1985 dan terus dilestarikan hingga kini menjadi bagian pendidikan di sekolah tersebut. Menurut Kepala Sekolah SMP Stella Duce 1 Listyawati Sri Nugrahaningsih, pelestarian tradisi membatik merupakan bagian dari pendidikan karakter bagi para murid.

"Mereka dilatih agar menghargai sebuah proses serta menghargai budaya Indonesia," ujar Listyawati.

Menurut guru muatan lokal batik, Th Dharmayanti, para murid menjalani setiap proses dalam membatik. "Mereka biasanya menyelesaikan setiap helai kain batik berukuran 1,5 hingga 2 meter dalam waktu sekitar 2 bulan," ujar Dharmayanti.

Kain yang mereka hasilkan selanjutnya dijahit menjadi seragam yang mereka pakai setiap hari Jumat. "Yang belajar membatik tidak hanya murid, tapi juga para karyawan, petugas cleaning service, serta para orang tua murid," tambah Dharmayanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com