Kompas.com - 01/10/2012, 18:56 WIB
Penulis Agus Mulyadi
|
EditorAgus Mulyadi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Titik panas di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada September 2012 ini berjumlah 1.955 titik. Jumlah itu meningkat empat kali lipat dari Agustus 2012 sebanyak 561 titik.

"Pada September 2012, jumlah titik panas di lebih banyak dari Agustus 2012 sebanyak 561 titik, atau naik hampir empat kali lipat," kata Komandan Posko Penanggulangan Bencana Kabut Asap Kalteng, Mugeni, di Palangkaraya, Senin (1/10/2012) ini.

Rinciannya, Kota Palangkaraya 44 titik panas, Kabupaten Barito Selatan (85 titik), Kabupaten Barito Utara (50), Kabupaten Barito Timur (47), Kabupaten Gunung Mas (208).

Selanjutnya, Kabupaten Kapuas (197 titik), Kabupaten Katingan (231), Kabupaten Kotawaringin Barat (108), Kabupaten Kotawaringin Timur (228), Kabupaten Lamandau (124), Kabupaten Pulang Pisau (248), Kabupaten Seruyan (193), Kabupaten Murung Raya dan Sukamara masing-masing 96 titik.

Menurut Mugeni, jumlah titik panas di Kalteng meningkat pada hari Jumat hingga Minggu, meskipun ada juga yang tidak terjadi peningkatan atau mengalami penurunan karena terjadi hujan.

Dia menduga, terjadinya peningkatan titik panas di Kalteng pada hari itu dikarenakan banyak petani membuka lahan dengan cara membakar.


Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.