Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelantikan Jokowi Belum Pasti 7 Oktober

Kompas.com - 01/10/2012, 17:36 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski telah ditetapkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta (KPU DKI Jakarta), pelantikan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama belum dapat dipastikan berlangsung pada 7 Oktober mendatang. Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta Mangara Pardede mengatakan bahwa saat ini masih menanti surat dari KPU Provinsi DKI Jakarta mengenai penetapan hasil Pilkada DKI Jakarta 2012.

"Surat penentuan pemenangnya sudah diterima dari KPU. Tapi untuk penetapannya, KPU DKI juga masih menunggu surat dari Mahkamah Konstitusi, ada gugatan atau tidak," kata Mangara saat dijumpai di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (1/10/2012).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat penentuan calon terpilih sehari setelah penghitungan suara pada 29 September lalu. Selanjutnya, mereka menunggu selama tiga hari surat dari Mahkamah Konstitusi mengenai ada tidaknya gugatan.

"Jika tidak ada dan kami terima suratnya dari KPU, paling tidak tanggal 4 Oktober, kami akan ajukan surat ke Kemendagri terkait pelantikan," ujar Mangara.

Kendati demikian, ia tidak bisa menjanjikan kapan surat keputusan dari Kemendagri akan keluar. Hanya yang pasti, pihaknya akan menyerahkan surat kepada Kemendagri pada tanggal 4 Oktober mendatang.

"Pelantikannya belum bisa dipastikan tanggal 7, tetapi masa jabatan gubernur yang sekarang memang habis pada tanggal itu," terangnya.

Berita terkait Pilkada DKI Jakarta dapat diikuti di topik: Jakarta1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com