Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Kiriman dari Tetangga Menambah Konsentrasi di Kalsel

Kompas.com - 01/10/2012, 13:49 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan, diperkirakan tidak hanya berasal dari kebakaran lahan yang terjadi di provinsi itu, tetapi juga dari provinsi tetangga Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Rachmadi Kurdi, di Banjarmasin, Senin (1/10/2012), mengatakan, pada malam hingga pagi hari angin bertiup dari utara ke selatan. Angin dari sebagian wilayah di Kalteng, seperti Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu, menuju pantai selatan Kalimantan melalui Kalsel.

Sebaliknya pada siang sampai malam hari terjadi angin laut yang berhembus dari selatan ke utara. "Angin yang dari utara ini membawa gumpalan kabut sehingga menambah konsentrasi kabut di Kalsel," ujarnya.

Saat ini, menurut Rachmadi titik api komulatif yang terpantau satelit di wialayah Kalsel selama 2012 mencapai 600 buah lebih. Dari jumlah tersebut yang berada di dalam kawasan hutan mencapai 35 persen. Yang terbakar umumnya semak belukar dan selasah. Untuk luas area lahan yang telah terbakar sendiri belum ada angkanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com