Limbah Nanas Digunakan untuk Pakan Sapi

Kompas.com - 29/09/2012, 19:38 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

LAMPUNG, KOMPAS.com -- Limbah buah nanas, seperti kulit nanas, ternyata masih bermanfaat. Limbah nanas itu dapat dimanfaatkan untuk menggemukkan sapi.

Pemantaan limbah nanas itu dipraktikkan oleh perusahaan penggemukan sapi PT Great Giant Livestock di Desa Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Lampung.

Peternakan sapi tersebut berada di dalam kompleks perkebunan nanas PT Great Giant Pineapple. Produk nanas diekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Kedua perusahaan berada di bawah Gunung Sewu Group.

Direktur Operasional PT Great Giant Livestock, Didik Purnomo menjelaskan, peternakan itu didirikan karena limbah nanas menumpuk dan tidak termanfaatkan. "Ternyata cocok untuk pakan sapi karena kadar gula yang tinggi. Dengan demikian kami tidak kesulitan soal keberlanjutan pakan," kata Didik, Sabtu (29/9/2012).


Sebaliknya, kotoran sapi dapat diolah untuk pupuk organik. Pupuk tersebut dipakai untuk memupuk perkebunan nanas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X