Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembawa Ratusan Buku Nikah Gagal Berangkat Hari Ini

Kompas.com - 28/09/2012, 18:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bukhori Muhammad Ali Rizal (40) (bukan Subakir seperti diberitakan sebelumnya), calon jamaah haji kloter 20 asal Pamekasan yang tertangkap membawa 499 pasang buku nikah kosong hari ini dipastikan tidak terbang ke Arab Saudi bersama rombongannya, Jumat (28/9/2012), karena polisi sudah mengajukan penundaan keberangkatan untuk kepentingan pemeriksaan.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Fatchul Arief mengatakan, seharusnya Bukhori bersama istri, Sunai binti Muh Thaib (34), berangkat hari ini pukul 18.05 WIB dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. Penundaan tersebut berlangsung sampai polisi menyatakan selesai melakukan pemeriksaan.

"Bisa berangkat dengan kloter lain, atau bisa juga tidak berangkat, itu terserah polisi," katanya, Jumat (28/9/2012).

Penundaan keberangkatan Bukhori dan istrinya, kata Fatchul, diajukan polisi kepada PPIH Embarkasi Surabaya pada Jumat siang dan  dan saat ini keduanya tengah diperiksa intensif di Mapolrestabes Surabaya.

Ke-499 buku nikah kosongan atau tanpa nama itu ditemukan dalam koper Bukhori dan istrinya yang datang di asrama haji Sukolilo Surabaya, Kamis (27/9/2012) malam. Buku-buku itu ditemukan saat pemeriksaan oleh pihak aviation security bersama Bea dan Cukai serta Keimigrasian, dibantu alat deteksi mesin x- ray aviation security PT Angkasa Pura I Bandara Juanda yang ditempatkan di Asrama Haji Sukolilo.

Ratusan buku nikah kosong itu diduga palsu, dan sengaja diselundupkan untuk pasangan WNI di Arab Saudi yang membutuhkan buku nikah agar terhindar dari hukuman rajam dari pemerintah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com