Kompas.com - 27/09/2012, 20:50 WIB

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur berlangsung ricuh, Kamis (27/9/2012).

Kericuhan terjadi dua kali yakni pada pukul 08.30 Wita dimana ratusan warga yang antre sambil berdesakan sempat beradu mulut dan nyaris adu jotos dengan petugas. Lalu pada pukul 12.00 Wita, seorang petugas pembuat e-KTP yang memarahi warga nyaris dikeroyok warga lain, tetapi beruntung bisa dilerai oleh anggota Satuan Polisi Pamong Praja TTU.

"Kami sudah antre dari kemarin tetapi sampai sekarang ini pun belum dapat kesempatan untuk foto e-KTP, padahal kami sudah datang dari pukul 06.00 Wita. Bukan kami yang kemarin dilayani terlebih dahulu, tetapi malah warga yang baru datang ini, petugas langsung melayani mereka sehingga kami tidak puas dan protes pada petugas," kata Yanto, warga Kelurahan Kefamenanu Tengah, Kamis (27/9/2012).

Karena itu, yanto berharap para petugas harus lebih maksimal lagi dalam bekerja dan melayani warga yang datang. Selain itu menurutnya, jumlah petugas harus ditambah lagi sehingga bisa mengimbangi jumlah warga yang banyak.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Alex Sau, warga lainnya menganggap pelayanan petugas pembuat e-KTP kurang prima dan terkesan tidak berpedoman pada aturan. Menurutnya, banyak warga yang kecewa karena harus antre berhari-hari.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Camat Kota Kefamenanu Yonas Tameon kepada Kompas.com mengatakan kericuhan terjadi akibat adanya kesalahpahaman antara warga dengan petugas dan keterbatasan peralatan.

"Kejadian siang tadi itu karena warga yang baru saja datang hari ini, meminta kepada petugas agar mendahulukan mereka. Padahal banyak warga lainnya yang kemarin tertunda mendapat giliran pertama hari ini. Sedangkan kendala teknis yang membuat pelayanan terkesan lambat karena dari lima komputer yang beroperasi, awalnya hanya dua unit saja yang baru bisa digunakan untuk melayani 34.000 jiwa untuk Kecamatan Kota," kata Yonas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X